AS Tolak Tawaran China soal Laut China Selatan

Sabtu, 02 Mei 2015 - 09:20 WIB
AS Tolak Tawaran China soal Laut China Selatan
AS Tolak Tawaran China soal Laut China Selatan
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menolak tawaran dari pejabat tinggi militer China yang mengatakan bahwa AS dan negara-negara lain boleh menggunakan fasilitas sipil China di pulau reklamasi Laut China Selatan untuk operasi penyelamatan dan bantuan internasional.

Beijing telah dikritik oleh Barat untuk proyek konstruksi di pulau-pulau sengketa di Laut China Selatan, termasuk salah satunya pembangunan landasan pacu. (Baca juga: China: AS Boleh Pakai Fasilitas Sipil di Laut China Selatan)


The Wall Street Journal dan media AS lainnya, mengutip laporan di situs Kementerian Pertahanan China, bahwa Kepala Angkatan Laut China, Wung Shengli, dalam teleconference dengan Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Jonathan Greenert, mengatakan bahwa proyek pekerjaan China di Laut China Selatan tidak akan mempengaruhi kebebasan navigasi atau overflight.

Namun, wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke, mengatakan Washington tidak tertarik dengan tawaran Beijing.

”Fasilitas bangunan di atas tanah reklamasi di daerah yang disengketakan tidak akan memberikan kontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu,” kata Rathke, yang dilansir Sabtu (2/5/2015).

”Hal ini berlaku bahkan jika beberapa pejabat China telah menyatakan, fasilitas tersebut digunakan untuk keperluan tanggap bencana sipil,” lanjut Rathke.

“Jika ada keinginan untuk mengurangi ketegangan, China secara aktif dapat menguranginya dengan mengambil langkah-langkah konkret untuk menghentikan reklamasi lahan.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4463 seconds (0.1#10.140)